Kenali 5 Jenis Sakit Perut Yang Harus Di Perhatikan

Sumber foto klik dokter

Selain sakit kepala, sakit perut juga termasuk salah satu satu jenis keluhan yang paling sering dialami sebagian besar orang, mulai dari sakit perut biasa sampai dengan yang tak tertahankan. Namun sayangnya, banyak yang mengabaikan masalah tersebut. Tidak sedikit yang beranggapan karena salah makan, telat makan, atau justru kebanyakan makan sehingga menimbulkan perut jadi sakit. Dengan mengkonsumsi obat sakit perut yang dapat dibeli bebas di apotik atau juga warung, rasa sakit yang dialami dapat mereda. Masalah sakit perut pada dasarnya tidak boleh diabaikan apalagi jika terjadi dalam waktu yang lebih sering. Faktanya, sakit perut bisa menjadi pertanda dari banyak masalah yang dialami oleh organ dalam tubuh seperti lambung, usus, dan ginjal. Untuk mengetahui hal ini lebih dekat, simak uraian berikut ini:

Kenali 5 Jenis Sakit Perut Yang Harus Di Perhatikan

Asam lambung

Penyakit asam lambung adalah jenis penyakit yang cukup banyak dikeluhkan orang-orang. Penyakit tersebut menyerang daerah perut tengah sebelah kiri bahkan juga sampai ke ulu hati. Lebih-lebih dapat membuat penderitanya kehilangan nafsu makan dan terganggu aktivitasnya. Bila dibiarkan sakit asam lambung bisa terjadi secara akut dan kronis. Jika penyakit asam lambung sudah parah bukan tidak mungkin harus mendapat perawatan secara intensif. Perlunya perhatian yang baik dalam hal ini, entah itu dengan menghindari jenis makanan pantangan ataupun juga memprioritaskan jam makan (tidak telat) untuk meminimalisir kenaikan asam lambung.

Radang usus buntu

Sakit perut tidak melulu soal maag yang kambuh, namun bisa juga menjadi gejala radang usus buntu. Ketika usus kecil yang bentuknya sebesar jari dan terhubung ke usus besar mengalami peradangan, maka akan timbul rasa sakit dan nyeri tepatnya di sebelah kanan rongga perut. Bahayanya, jika peradangan usus buntu sudah dikatakan serius maka jalan keluar yang umumnya diharuskan adalah operasi untuk mengangkat usus buntu yang bermasalah. Pasca operasi, penderita tidak boleh melakukan banyak gerakan agar bekas pembedahan dapat pulih dengan normal.

Divertikular

Peradangan pada usus besar (divertikular) yang terjadi karena infeksi saluran pencernaan juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit perut. Gejalanya tidak hanya seperti sakit perut biasanya, akan tetapi nyeri pada perut sampai ke daerah panggul yang bahkan memakan waktu selama hampir 2 minggu. Kondisi ini juga kerap kali menyebabkan penurunan berat badan penderita. Ketika mengalami masalah tersebut sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut (check up) untuk mendapat hasil yang akurat. Jika tidak, ditakutkan bakal menimbulkan hal-hal lain yang tak diinginkan.

Batu empedu

Penyakit batu empedu timbul karena terdapat gumpalan kolesterol yang mengeras. Makanan dengan kandungan lemak tinggi adalah penyebab utamanya timbulnya batu pada kantung yang menghubungkan hati dan usus kecil tersebut. Masalah sakit perut yang terjadi cukup kuat di bagian perut bagian tengah atas atau dekat dengan ulu hati sampai ke bawah tulang rusuk bagian kanan. Kondisi lebih buruk dimana rasa sakit menjadi lebih tajam ketika selesai makan. Batu empedu dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sakit perut berlebih. Oleh karenanya patut diwaspadai dan sebaiknya dilakukan pemeriksaan.

Batu ginjal

Penyakit batu ginjal adalah kondisi terbentuknya sebuah material yang berbentuk batu, dihasilkan dari limbah atau sisa zat-zat yang tersaring oleh ginjal. Dalam prosesnya, seiring berjalan waktu sisa zat yang merupakan limbah tersebut mengendap dan pada akhirnya terbentuklah batu. Kurangnya pengkonsumsian air putih juga merupakan satu penyebab utama terbentuknya batu ginjal dan mengakibatkan terhambatnya saluran kemih. Jika ukuran batu tersebut kecil pada dasarnya masih dapat keluar melalui urin, namun ketika sudah cukup besar tidak menutup kemungkinan harus melalui jalan pembedahan. Adapun yang menjadi titik sakit gejala batu ginjal ialah pada pinggang atau punggung bagian bawah.

Sakit perut tidak boleh diabaikan. Sebab bisa jadi tanda dari kondisi serius yang harus ditangani dengan cepat dan tepat.

NARA SUMBER : 2nd